Inilah 10 Contoh Perilaku Konsumtif anti Terlilit Utang Pinjol atau Pay Later

Inilah 10 Contoh Perilaku Konsumtif anti Terlilit Utang Pinjol atau Pay Later

contoh perilaku konsumtif yang baik--picture by yoona.id

Salah satu perilaku yang dimiliki manusia adalah perilaku konsumtif. Artinya ia akan membutuhkan atau menggunakan barang dan jasa. 

Kebutuhan akan sandang, pangan, papan pasti harus terpenuhi bagi setiap manusia. Namun, kebutuhan ini akan memiliki banyak kategori lagi. Ada yang sesuai dengan kebutuhan utama, sampingan, bahkan tidak penting.

Kebutuhan yang tidak penting inilah didasari oleh suatu hal yang fomo atau mengikuti trend yang sedang ada. Misalnya saja pembelian handphone. Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya seseorang bisa menggunakan handphone yang sederhana. 

Akan tetapi, ada juga yang menjadikan handphone sebagai kebutuhan utama karena faktor pekerjaan, sekolah, atau kuliah. 

Jika seseorang menginginkan suatu hal yang sifatnya tidak terlalu dibutuhkan, maka ia akan memiliki perilaku konsumtif yang berlebihan. Dari sinilah akan memicu terlilit utang pinjaman online atau bahkan pay later. 

BACA JUGA:Banyak Orang Terjerat Pinjol hingga Paylater: Inilah 5 Perilaku Konsumtif yang Berlebihan

Bagi kamu yang tidak menginginkan perilaku konsumtif ini berlebihan, yuk simak artikel kali ini untuk mencari tahu apa saja contoh perilaku konsumtif yang baik. 

Contoh Perilaku Konsumtif yang Baik untuk Menghindari Terjerat Utang

1. Membuat Anggaran Bulanan  

   Menyusun anggaran yang jelas untuk pengeluaran bulanan membantu Anda mengontrol keuangan dan menghindari pembelian yang tidak perlu.

2. Membeli Barang yang Diperlukan

   Fokus pada pembelian barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekadar keinginan. Ini membantu mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

3. Menunda Pembelian

   Jika Anda tergoda untuk membeli sesuatu, berikan diri Anda waktu untuk berpikir. Tunggu beberapa hari sebelum memutuskan untuk membeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: